Tingkatkan Penjualan dengan CRM

Kenapa CRM Penting untuk Bisnis Anda?

Desain tanpa judul (24)
Ada pepatah yang mengatakan “Memulai lebih mudah daripada menjalani”, seperti halnya bisnis, jauh lebih sulit untuk menjalaninya. Ada begitu banyak solusi yang ditawarkan untuk mempermudah perputaran roda bisnis, seperti menggunakan konsultan bisnis, meningkatkan kesadaran merk dengan mengandalkan strategi pemasaran, meningkatkan koneksi dengan pelanggan dan lain-lain. Tentunya di era yang serba canggih ini proses bisnis tak akan luput dari bantuan teknologi. Teknologi memiliki peran yang besar dalam membantu pemilik bisnis dalam mengelola data, mulai dari data pelanggan, data penjualan, data internal perusahaan, dan lain-lain. salah satu data yang paling rumit diolah sendiri adalah data pelanggan. Tak heran inovasi digital semakin menunjukkan kebisaannya dengan CRM.
Lalu apa itu CRM? seberapa besar pengaruhnya terhadap perkembangan bisnis?
CRM (Customer Relationship Management) adalah strategi dan teknologi yang dapat digunakan oleh pemilik bisnis atau perusahaan untuk mengelola dan menganalisis interaksi dan data pelanggan sepanjang siklus pembelian pelanggan bahkan siklus interaksi pelanggan, dengan tujuan meningkatkan hubungan bisnis dengan pelanggan, membantu dalam retensi pelanggan, dan mendorong pertumbuhan penjualan.

Berbagai komponen penting CRM yang menjadi teknologi utamanya adalah :
  • Database Pelanggan: Mengumpulkan dan menyimpan informasi tentang pelanggan dan interaksi mereka dengan perusahaan.
  • Otomatisasi Pemasaran: Alat yang membantu mengotomatisasi tugas pemasaran untuk memudahkan kampanye pemasaran yang lebih efektif dan terukur.
  • Penjualan Otomatisasi: Alat yang membantu mengotomatisasi proses penjualan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas tim penjualan.
  • Layanan Pelanggan: Fitur untuk mendukung pelanggan secara efisien, seperti helpdesk dan manajemen tiket.
  • Analisis dan Reporting: Memberikan wawasan tentang kinerja bisnis dan tren pelanggan melalui data dan analitik.

Salah satu contoh bagaimana proses CRM dalam mengelola data customer yang dapat anda gunakan adalah BizGrow CRM. BizGrow CRM adalah Cloud CRM yang berada dibawah naungan platform Microsoft, sehingga BizGrow CRM dapat diintegrasikan dengan Microsoft 365.
BizGrow CRM memiliki berbagai fitur yang sangat jelas arah dan tujuannya, tentunya dibuat berdasarkan kepentingan setiap bisnis. berikut adalah fitur BizGrow CRM (Pro Version) beserta penggunannya :
1. Fitur Campaign
Biasanya campaign dibuat untuk meningkatkan kesadaran audiens mengenai suatu merk dengan tujuan menggapai perhatian terget market sebanyak-banyaknya. Namun campaign harus diukur keberhasilannya agar anda tidak melakukan usaha yang sia-sia. Fitur campaign pada BizGrow CRM ditujukan untuk mengukur skala keberhasilan suatu campaign dengan cara menghitung ROI (return of investment). di dalam fitur ini terdapat 2 kategori pelanggan yang dapat diklasifikasikan yaitu leads dan opportunity. Anda dapat mengategorikan pelanggan Leads ketika kebutuhan dari pelanggan tersebut belum dapat dipastikan namun sudah tertarik dengan produk anda. Di tahap selanjutnya anda dapat mengategorikan pelanggan Opportunity ketika kebutuhannya sudah jelas dan anda dapat memastikan customer ini berpotensi melakukan pembelian. namun 2 kategori tidak selalu mutlak, anda bisa menyesuaikannya dengan kepentingan bisnis anda. Bagian Marketing memiliki penting dalam menggunakan fitur ini.
2. Fitur Opportunity
setelah terbentuknya kategori Leads pada pelanggan, terdapat kategori opportunity pada pelanggan yang sudah jelas kebutuhannya. Anda dapat menetapkan Pelanggan dengan kategori Opportunity apabila pelanggan tersebut memiliki potensi yang besar untuk melakukan pembelian. Anda dapat melakukan pengelolaan data pelanggan seperti detail profilenya, jenis produk yang dibutuhkannya, perkiraan waktu pembelian, harga dan jumlah produk yang dibeli, profit yang dihasilkan dari pembelian, dan lain-lain. fitur ini sangat berguna dalam memperkirakan tindakan selanjutnya dalam menangani kebutuhan setiap customer. beberapa proses dapat diotomatisasikan seperti berapa persen keuntungan yang akan didapatkan dengan harga tertentu, proses approval yang harus dilakukan oleh manajemen atau pihak yang memiliki wewenang, dan lain-lain. Mungkin anda masih berpikir masih bisa mengandalkan excel dalam mengelola data customer ini, namun percayalah hanya mengandalkan Excel dalam mengelola data customer anda kurang efektif.
3. Fitur Sales Order
Proses penentuan potential customer sudah anda lakukan di fitur opportunity, tahap selanjutnya tentu anda butuh untuk memantau aktivitas anda dengan customer, seperti progress pembeliannya, status kebutuhan customer, dan konfirmasi pemesanan customer. hal ini dapat anda lakukan di fitur sales order
4. Fitur Invoice
Fitur Invoicing ini sangat berguna dalam pencatatan invoice setelah customer sudah menyatakan untuk melakukan pembelian. anda dapat menggunakan ini secara otomatis berdasarkan data yang anda input sehingga mengehemat waktu ada dalam pemrosesan invoice kepada customer.
5. Fitur Delivery
Anda juga dapat membuat detail delivery atau pengiriman produk atau servis anda pada fitur ini. sehingga performance delivery anda dapat meningkat.

Kesimpulannya adalah CRM sangat penting untuk menunjang perkembangan bisnis anda. dengan CRM data bisnis anda menjadi lebih akurat dan terarah, sehingga anda lebih cepat dalam mengambil keputusan yang tepat untuk bisnis anda.
Masih ada banyak lagi fitur CRM yang dapat anda eksplor sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan bisnis anda. mulailah untuk mempertimbangkan bantuan teknologi CRM ini untuk mempermudah serta mempercepat bisnis anda!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *